Thursday, November 1, 2018

Penderita Glaukoma Jangan Sampai Lakukan Hal Ini


Penderita Glaukoma Jangan Sampai Lakukan Hal Ini ,- Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh penderita glaukoma, ini karena dapat memperburuk kondisi glaukoma itu sendiri jika penderita melanggarnya dan membiasakan pola hidup tidak baik.
Glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh tingginya tekanan bola mata. Saraf mata adalah sekumpulan serat saraf yang menghubungkan retina ke otak. Saat saraf mata rusak, sinyal yang menyampaikan apa yang anda lihat ke otak terganggu. Secara perlahan, hal ini menyebabkan hilangnya penglihatan atau kebutaan.
Ada beberapa jenis kondisi tekanan pada bola mata ini. Kondisi pada mata ini terbagi menjadi dua, ada glaukoma sudut terbuka dan glaukoma sudut tertutup, glaukoma tekanan normal, glaukoma kongenital dan glaukoma sekunder. Jenis yang paling sering terjadi yaitu glaukoma sudut terbuka.
Dikarenakan penyakit ini tergolong penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan/kebutaan yang permanen, untuk itu agar dapat mengurangi tingkat keparahan dari glaukoma anda harus menghindari pantangan penderita glaukoma.

Pantangan Bagi Penderita Glaukoma

Ada beberapa pantangan makanan dan pantangan aktifitas yang harus dihindari penderita glaukoma agar glaukoma yang diderita tidak menjadi lebih parah. Adapun beberapa pantangan penderita glaukoma diantaranya yaitu :

1.       Hindarilah paparan sinar matahari langsung terhadap mata

Paparan sinar matahari sangat buruk untuk penderita glaukoma karena dapat menimbulkan meningkatnya tekanan bola mata. Apabila penderita glaukoma terkena paparan sinar matahari langsung saat tekanan bola mata sedang tinggi maka akan mengakibatkan pandangan menjadi cepat kabur.

2.       Hindari mengkonsumsi obat yang dijual bebas

Obat yang dijual bebas ini maksudnya seperti obat-obatan yang ada di warung atau minimarket. Obat tersebut akan berkontraindikasi dengan glaukoma. Apabila mengkonsumsi obat-obatan tersebut akan menimbulkan meningkatnya tekanan bola mata bagi penderita glaukoma.

3.       Hindari merokok dan mengkonsumsi alkohol

Rokok dan alkohol akan menimbulkan naiknya tekanan bola mata. Tekanan bola mata yang tinggi akan berpengaruh buruk terhadap kondisi glaukoma. Maka dari itu berhentilah mengkonsumsi rokok dan alkohol.

4.       Berhenti mengkonsumsi kopi

Mengapa harus berhenti mengkonsumsi kopi? Karena di dalam 1 cangkir kopi dapat menimbulkan meningkatnya tekanan bola mata 1-4mmHg selama 90 menit.

5.       Hindari berolahraga/Yoga

Hindarilah Olahraga ataupun yoga karena akan menyebabkan posisi jantung berada dibawah mata seperti handstand (posisi kepala dibawah kaki, kaki diatas).

6.       Olahraga Angkat Beban

Olahraga angkat beban ini selain membutuhkan energi yang banyak untuk melakukannya juga dapat meningkatkan tekanan bola mata sampai tingkat 22%.

7.       Jauhi makanan ataupun minuman yang termasuk junkfood atau softdrink

Makanan dan minuman ini akan menimbulkan meningkatnya tekanan bola mata selain itu juga sangat tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itulah, segera berhenti dan jauhilah makanan cepat saji dan minuman yang berbentuk softdrink.

8.       Jauhilah mengkonsumsi cokelat dan daging berserat merah

Coklat dan daging merah memang merupakan makanan yang sangat diminati oleh banyak orang, akan tetapi bagi anda yang menderita glaukoma sebaiknya jauhilah makanan tersebut untuk mengurangi resiko kebutaan.

9.       Jauhi makanan yang dikemas dalam kaleng

Makanan yang dikemas dalam kaleng sebaiknya dijauhi oleh anda yang menderita glaukoma karena pada umumnya makanan yang ada dalam kaleng mengandung pewarna buatan dan pengawet agar makanan yang ada didalamnya tidak mudah rusak dan mengkontaminasi bahan makanan. Maka dari itu jauhilah makanan yang ada dalam kaleng.

10.   Hindari hujan dan air kolam

Menurut penelitian, air hujan dan air kolam renang akan menimbulkan meningkatnya tekanan pada bola mata. Maka dari itu disarankan untuk menghindari air hujan dan air kolam.
Selain dengan menghindari pantangan diatas, anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi Obat Tradisional Mata Glaukoma untuk mengobati glaukoma sampai tuntas tanpa operasi.
Sekian informasi mengenai Penderita Glaukoma Jangan Sampai Lakukan Hal ini. Terimakasih telah berkunjung dan semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment