Tuesday, September 4, 2018

Penyebab Utama Terkena Penyakit Mata Glaukoma


Penyebab Utama Terkena Penyakit Mata Glaukoma

Penyebab Utama Terkena PenyakitMata Glaukoma ,- Jika anda didiagnosa oleh dokter terkena penyakit mata glaukoma, tentunya anda bertanya-tanya apa penyebab terkena penyakit mata glaukoma ini. Namun, sebelum itu alangkah baiknya Anda mengetahui apa itu Mata Glaukoma.
Glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh tingginya tekanan bola mata. Saraf mata adalah sekumpulan serat saraf yang menghubungkan retina ke otak. Saat saraf mata rusak, sinyal yang menyampaikan apa yang anda lihat ke otak terganggu.
Ada beberapa jenis kondisi tekanan pada bola mata ini. Kondisi pada mata terbagi menjadi dua, ada glaukoma sudut terbuka, glaukoma sudut tertutup, glaukoma tekanan normal, glaukoma kongenital dan glaukoma sekunder. Jenis yang paling sering terjadi yaitu glaukoma sudut terbuka.

Penyebab Utama Terkena Penyakit Mata Glaukoma

Glaukoma terjadi ketika tekanan di dalam mata meningkat akibat cairan mata tidak bisa mengalir dengan baik. Tekanan yang meningkat inilah yang kemudian merusak jaringan saraf pelapis bagian belakang mata yang peka terhadap cahaya (serabut saraf retina) dan saraf yang menghubungkan mata dengan otak (saraf optik).
Cairan mata atau (aqueous humour) merupakan zat penting yang terdapat di dalam mata kita. Tiap hari zat ini diproduksi dan dialirkan secara konstan dari mata ke aliran darah melalui saluran drainase yang disebut trabecular meshwork. Aqueous humour juga menghasilkan tekanan guna menjaga bentuk mata kita.
Pada orang sehat, aqueous humour mengalir dengan lancar dan tekanan tetap berada pada batas yang aman. Sebaliknya, pada penderita glaukoma, aliran aqueous humour terganggu dan tekanan di dalam mata meningkat.
Salah satu penyebab terhambatnya aliran aqueous humour adalah trabecular meshwork yang terblokir. Hingga kini, faktor yang mendasari penyempitan saluran tersebut masih belum diketahui. Berikut ini jumlah faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena glaukoma, diantaranya :
·         Berusia diatas 60 tahun.
·         Pernah mengalami cedera pada mata atau menjalani operasi mata.
·         Pernah terdiagnosa mengalami tekanan mata tinggi atau hipertensi okular.
·         Menderita penyakit mata yang lain (misalnya rabun jauh).
·         Memiliki anggota keluarga yang juga menderita glaukoma.
·         Menggunakan obat kortikosteroid, terutama tetes mata, pada jangka waktu lama.
·         Menderita penyakit anemia sel sabit, diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung.
·         Mengalami defisiensi estrogen di usia dini (pada wanita).
Nah, itulah beberapa Penyebab Utama Terkena Penyakit Mata Glaukoma yang pada kesempatan kali ini dapat saya ulas. Semoga bermanfaat bagi anda. Dan untuk anda yang sedang mencari pengobatan hepatitis B ini silahkan KLIK DISINI
Posted by :

No comments:

Post a Comment