Wednesday, August 29, 2018

Faktor Penyebab Mata Katarak


Beragamnya Faktor Penyebab Mata Katarak membuat seseorang tidak menyadari bahwa itu hal yang menyebabkan katarak. Sehingga sangat penting untuk anda mengetahui penyebab mata katarak ini.
Katarak merupakan penyakit mata yang ditandai dengan mengeruhnya lensa mata, sehingga membuat penglihatan kabur. Kondisi ini umumnya terjadi pada lansia, dan bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata sekaligus. Meski demikian, katarak bukanlah jenis penyakit yang menular.
Lensa mata adalah bagian transparan di belakang pupil (titik hitam ditengah mata), yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk melalui mata ke retina agar objek dapat terlihat jelas. Seiring bertambahnya usia, protein pada lensa akan menggumpal dan perlahan-lahan membuat lensa keruh dan berkabut. Hal ini menyebabkan penglihatan menjadi kabur dan tidak jelas.
Katarak adalah penyebab utama kebutaan di Indonesia. Dari hasil survey kebutaan 15 provinsi, diketahui 70-80% penyebab utama kebutaan dan gangguan penglihatan di Indonesia adalah katarak.

Gejala Mata Katarak

Katarak umumnya berkembang secara perlahan. Awalnya, penderita tidak akan menyadari ada gangguan penglihatan, karena hanya sebagian kecil lensa mata yang mengalami katarak. Namun seiring waktu, katarak akan memburuk dan memunculkan sejumlah gejala berikut :
·         Pandangan samar dan berkabut
·         Mata semakin sensitif saat melihat cahaya yang menyilaukan.
·         Melihat lingkaran cahaya di sekeliling sumber cahaya.
·         Sulit melihat dengan jelas saat malam hari.
·         Warna terlihat pudar atau tidak cerah
·         Objek terlihat ganda
·         Ukuran lensa kacamata yang sering berubah.
Meski umumnya katarak tidak menyebabkan rasa sakit pada mata, namun penderita bisa merasakan nyeri pada mata, terutama jika katarak yang dialami sudah parah, atau penderita memiliki gangguan lain pada mata.

Faktor Penyebab Mata Katarak

Proses mengeruhnya lensa saat mengalami penuaan belum diketahui dengan jelas. Meski demikian, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena katarak, antara lain :
·         Mata yang terlalu sering terpapar sinar matahari.
·         Penyakit tertentu, misalnya diabetes, kerusakan retina yang diturunkan (retinitis pigmentosa), atau radang pada lapisan tengah mata (uveitis).
·         Konsumsi kortikosteroid dalam jangka panjang.
·         Pernah menjalani operasi mata.
·         Pernah mengalami cedera pada mata.
·         Memiliki keluarga dengan riwayat katarak.
·         Pola makan yang tidak sehat dan kekurangan.
·         Konsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak secara rutin
·         Merokok.
Jika anda tidak ingin terkena penyakit mata katarak atau sudah terlanjur terkena penyakit katarak, anda bisa menggunakan Obat Mata Katarak Tradisional yang sudah terbukti ampuh.
Nah, itulah yang dapat saya ulas mengenai Faktor Penyebab Mata Katarak. Semoga bermanfaat dan menjadi jalan kesembuhan bagi anda.

No comments:

Post a Comment