Thursday, November 22, 2018

Inilah Bahaya Mengucek Mata yang Harus Kamu Waspadai


Kamu sering mengucek mata? mengucek mata mungkin sering kamu lakukan saat mengantuk atau bangun tidur agar penglihatan lebih jelas. Namun, ga jarang juga orang-orang melakukannya saat mata terasa gatal. Inilah Bahaya Mengucek Mata yang Harus Kamu Waspadai.
Mengucek mata memang memberikan sensasi nyaman sementra. Mengucek mata merangsang air mata untuk melumasi mata yang kering. Karena itu, rasa gatalmu bisa berkurang karena debu dan zat-zat yang mengiritasi mata bisa disingkirkan. Selain itu, air mata juga bisa mengurangi stres yang kamu alami.
Gak hanya itu, saat menekan matamu, kamu merangsang saraf vagus yang berada di sekitar mata sehingga memperlambat denyut jantung dan membuatmu lebih rileks. Meski sekilas punya banyak manfaat, namun mengucek mata tidak disarankan. Apa sebabnya? Berikut ini ulasannya.

1.       Tangan yang penuh bakteri dan penyakit bisa menyebabkan mata infeksi

Alasan mengucek mata ga baik karena kamu menggunakan tanganmu yang dipenuhi bakteri dan parasit. Nantinya, bakteri dan parasit itu  bisa masuk ke mata dan menyebabkan infeksi. Mata memiliki membran berlendir yang berfungsi menjaga kelembapan mata.
Namun, tempat seperti itu juga disukai oleh bakteri dan parasit untuk singgah. Bayangkan kalau kamu gak cuci tangan setelah beraktivitas dan menyentuh banyak barang, kemudian mengucek mata, pastinya akan menimbulkan potensi terkena infeksi.

2.       Bintitan

Infeksi yang parah bisa membuat kamu bintitan. Bintitan terjadi saat tangan yang kotor menginfeksi kelopak mata hingga merah dan membesar. Lebih parah lagi, biasanya bintitan diikuti dengan rasa gatal yang luar biasa dan membuatmu makin ingin menguceknya. Kalau itu kamu lakukan, sakitnya akan semakin parah.

3.       Mengucek mata juga bisa bikin mata panda

Kantung mata hitam atau sering disebut mata panda sebenarnya bukan karena kelelahan atau kurang tidur. Penyebab matamu memiliki kantung mata yang besar dan hitam adalah mengucek mata. Semakin deras dan semakin sering kamu mengucek, semakin parah juga kantung hitam di matamu.

4.       Lebih parah dari infeksi, kamu bisa mengalami glaukoma

Mungkin kamu berpikir gak masalah infeksi sedikit asal mata gak gatal lagi. Namun, mengucek mata juga berpotensi untuk merusak syaraf mata. Hal itu bisa makin parah apabila gak ditangani dengan baik. Kerusakan mata bisa terjadi saat adanya peningkatan tekanan pada mata karena terlalu keras dan sering mengucek mata.
Ngerinya lagi, orang  yang mengalami glaukoma gak merasakan gejala sebelumnya. Adapun, glaukoma yang parah bisa mengakibatkan seseorang kehilangan penglihatannya, bahkan buta.

5.       Kebiasaan mengucek mata juga bisa membuat kornea mata berubah bentuk

Normalnya, kornea mata manusia berbentuk kubah dan kadang berubah bentuk menjadi bola. Namun, kebiasaan mengucek bisa mengakibatkan seseorang mengalami perubahan bentuk kornea mata atau keratoconus.
Penderita keratoconus akan mengalami kerusakan sel-sel kornea sehingga gak bisa menahan bentuknya dan menjadi kerucut karena kornea menonjol ke luar. Para penderitanya mau gak mau harus menggunakan lensa atau kacamata untuk bisa melihat dengan jelas.

6.       Penampilanmu jadi gak enak dipandang akibat “kerusakan” di matamu

Ketika kamu mengucek mata dengan kasar, itu akan menyebabkan pembuluh-pembuluh darah yang kecil menjadi pecah. Akhirnya menimbulkan lingkaran-lingkaran atau sabaran berwarna gelap yang mengganggu penampilan matamu.
Untuk masalah yang serius dengan mata yang merah karena seringnya mengucek mata, kami memiliki solusi bagi anda yakni dengan mengonsumsi Sehat Mata Softgel yang mana obat herbal ini sangat menjadi rekomendasi karena khasiatnya yang sangat luar biasa.

Untuk Informasi Lebih Lanjut >> KLIK DISINI

Terimakasih telah berkunjung pada ulasan kami mengenai Inilah Bahaya Mengucek Mata yang Harus Kamu Waspadai yang pada kesempatan kali ini dapat saya ulas, semoga bermanfaat dan menjadi jalan kesembuhan bagi anda.
Posted by : Obat Mata Merah

No comments:

Post a Comment