Thursday, August 30, 2018

Kenali Penyakit Rabun Dekat Sejak Dini


Kenali Penyakit Rabun Dekat Sejak Dini

Kenali Penyakit Rabun Dekat SejakDini ,- Rabun dekat adalah gangguan mata yang menyebabkan penderita tidak bisa melihat objek dekat dengan jelas atau terlihat buram, namun biasanya benda yang jauh justru terlihat jelas.
Nama Lain dari rabun dekat ini adalah hiperopia atau hipermetropia, sering dikaitkan sebagai masalah pembiasan. Pada mata yang mengalami hipermetropia, cahaya yang seharusnya dipantulkan tepat pada retina (lapisan mata yang sensitif terhadap cahaya) menjadi dipantulkan di belakang retina. Akibatnya, penglihatan jarak dekat akan menjadi kabur dan mata akan menjadi mudah lelah.

Gejala Rabun Dekat

Anda kemungkinan besar menderita rabun dekat apabila mengalami gejala-gejala di bawah ini :
·         Objek jauh terlihat jelas, tapi objek dekat tampak tidak fokus dan buram.
·         Mata merasa lelah usai melihat objek dekat, seperti menggunakan komputer atau membaca
·         Harus mengerlingkan mata untuk melihat dengan jelas.
·         Kesulitan membaca.
·         Mata terasa panas dan gatal
·         Sakit kepala.
Rabun dekat umumnya terjadi pada orang yang berusia di atas 40 tahun, namun sebagian kecil anak-anak juga bisa terlahir dengan kondisi ini.

Penyebab Rabun Dekat

Rabun dekat terjadi karena cahaya yang masuk ke mata tidak terfokus di dalam retina, tapi terfokus di belakangnya. Hal ini terjadi karena kornea mata terlalu datar atau kurang melengkung, lensa yang kurang tebal, dan bola mata yang terlalu pendek.
Lensa mata akan berusaha mengubah ketebalannya (menjadi lebih tebal dan bulat) untuk menyesuaikan pantulan sinar agar berada tepat pada retina. Proses adaptasi oleh lensa ini disebut dengan akomodasi. Namun pada penderita rabun dekat, kemampuan akomodasi mata tidak cukup efektif. Hasilnya penglihatan akan menjadi buram karena cahaya tidak bisa terfokus dengan benar.
Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan rabun dekat.
·         Genetika. Sebagian orang diwariskan penyakit rabun dekat oleh orang tua.
·         Usia. Rabun dekat lebih sering terjadi pada orang yang berusia di atas 40 tahun, namun masih ada kemungkinan bisa di alami oleh usia berapa saja.
Selain beberapa faktor yang disebutkan di atas, ada juga faktor lain yang walaupun jarang namun bisa menyebabkan terjadinya rabun dekat, yaitu tumor di sekitar mata, diabetes, masalah pembuluh darah di retina atau foveal hypoplasia, dan mata yang tidak berkembang sempurna saat bayi masih di dalam kandungan.
Jika anda mengalami Rabun Dekat dan ingin sembuh secara total kunjungi Obat Mata Rabun Dekat Alami yang telah terbukti ampuh mengatasi penyakit rabun dekat.
Itulah sekilas mengenai Kenali Penyakit Rabun Dekat Sejak Dini. Semoga dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung.
Posted by :

No comments:

Post a Comment